Rana Tonjong Danau Lotus Nomor 2 Dunia Ada di Flores

Lotus itu sejenis dengan teratai tetapi bukan teratai itu sendiri. Dia bertumbuh di danau air tawar dan menutupi hampir semua permukaan air tetapi tidak pernah menyebabkan sedimentasi. Mau tau seperti apakah lotus itu di alam natural? Datanglah ke Flores. Di sana ada Rana Tonjong Danau Lotus Nomor 2 Dunia.

Pada kesempatan ini, AquGuru akan menyajikan keunikan danau ini kepada Anda. 

rana tonjong adalah danau lotus nomor 2 terbesar di dunia terdapat di flores
Danau Rana Tonjong - foto diambil dari udara.



Rana Tonjong Danau Lotus Terbesar di Flores

Bagi mereka yang belum pernah ke Flores mungkin beranggapan bahwa Flores itu kering dan tandus sehingga selalu kekurangan air. Namun anggapan itu tidak benar.

Flores itu hijau dan punya banyak air. Flores juga memiliki beberapa danau. Selain Kelimutu, satu-satunya danau tiga warna di dunia atau Danau Sano Nggoang, danau vulkanik lainnya yang semakin terkenal serta beberapa danau lain seperti Rana Mese, Flores juga memiliki danau unik lainnya, yaitu Danau Rana Tonjong ini.

Dikatakan unik karena Rana Tonjong merupakan danau yang ditutupi secara penuh oleh lotus, tumbuhan air sejenis teratai. 

Danau ini di Manggarai Timur bagian utara, tepatnya di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur. 

Rana Tonjong merupakan gabungan dialek Manggarai Timur; rana artinya danau dan tonjong artinya lotus. Rana Tonjong adalah danau lotus terbesar kedua di dunia setelah danau serupa di India.

Lotus yang merupakan tumbuhan khas danau Rana Tonjong ini selalu mekar pada bulan April-Juni. Bila sedang mekar, pemandangan yang ditawarkan danau ini sungguh sangat spektakuler.

Selain bunga lotus, danau ini juga menjadi ekosistem yang amat cocok  bagi ikan air tawar, katak dan ular sawah. Selain itu, Rana Tonjong ini juga merupakan "persinggahan" mencari makan dan istirahah bagi burung-burung migran dalam perjalanan periodik mereka yang rutin antara Asia dan Australia. 

Jadi, jangan  heran bercampur kaget bila saat mengunjungi danau ini, anda melihat ular sawah, dan burung angsa putih di danau.

Karena memiliki berbagai keunikan tersebut maka Rana Tonjong Danau Lotus nomor 2 dunia ini sangat recomended untuk dikunjungi. 

Diam tapi pasti, danau ini pelan-pelan sudah menjadi destinasi baru para wisatawan manca negara sehingga semakin menambah semarak objek wisata yang ditawarkan pulau Flores-nusa bunga ini.


Lotus Tumpuan Menuju Mokhsa

Banyak orang menyamakan begitu saja antara lotus dengan teratai. Padahal lotus dan teratai adalah dua jenis tumbuhan yang berbeda. Bunga lotus memiliki nama ilmiah Nelumbo nucifera nama ilmiah lainnya adalah Nelumbium nelumbo, Nelumbo speciosa, Nelumbium speciosum. Di Indonesia dikenal dengan bunga seroja, sedangkan di dunia dikenal dengan Sacred Water Lotus, Sacred Lotus, and Chinese Arrowroot, dan lain- lain.

Kalau diperhatikan, bunga Lotus kelopaknya lebih lebar dan tidak teratur seperti teratai. Sedangkan Bunga Teratai kelopaknya teratur dan lancip-lancip. Lotus punya biji. Inilah yang membedakannya dengan bunga teratai. 

Dalam kondisi lingkungan yang menguntungkan bijinya bisa hidup bertahun-tahun. Tercatat ada biji-biji Lotus yang bisa tumbuh meski umurnya sudah 1300 tahun, biji-biji ini ditemukan di dasar danau kering di timur laut Cina. Lotus tumbuh di lumpur, dasar kolam atau rawa-rawa kemudian batangnya tumbuh tinggi ke atas. Daunnya juga tumbuh ke atas, tidak seperti teratai yang daunnya ada di permukaan air.

Bunga Lotus, selain indah dan memiliki banyak faedah, juga merupakan tempat lebah mengambil bahan mentah pembuat madu
Selain keindahan yang mampu menenangkan jiwa, bunga lotus juga adalah penyokong utama lebah memproduksi madunya


Bunga lotus adalah simbol penting dan banyak digunakan dalam upacara agama Budha maupun Hindu. Sebagian besar dewa dewa agama Budha, Hindu, Cina, Jepang, seringkali digambarkan sedang duduk di atas bunga lotus. 

Selain itu, bunga lotus juga memiliki banyak makna; kelahiran kembali, pencerahan spiritual, mewakili kesucian, umur panjang, kehormatan, kesehatan dan keberuntungan. Itulah sebabnya bunga lotus dijadikan bunga nasional oleh India dan Vietnam.


Lotus dan Kehidupan Manusia

Bunga lotus adalah sumber makanan lebah. Dari sanalah akan dihasilkan madu terbaik. Karena itu pula, Flores dikenal juga sebagai penghasil madu alam terbaik
.
Bunga Lotus bukan hanya tanaman air yang indah dan kuat, tapi juga punya banyak manfaat. Selain bunganya yang indah sehingga mampu menenangkan jiwa, biji, daun maupun akar bunga lotus atau bunga seroja ini dapat dimakan. 

Kelopaknya dijadikan hiasan, daunnya yang besar dijadikan bungkusan makanan, akarnya dapat dimakan mentah tapi dengan resiko transmisi parasit dan biasanya direbus dijadikan minuman. Benang sari bisa dijadikan teh herbal, bijinya bisa dijadikan salah satu ramuan makanan terkenal Cina yaitu moon cake atau kue bulan. 

Masyarakat setempat mengatakan bahwa memakan biji lotus dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Karena kadar proteinnya yang sangat tinggi, warga juga sering memakan biji lotus ini.

Terbukti, lotus adalah anugerah lain yang diberikan Tuhan untuk orang-orang Manggarai Timur.

hamparan lotus yang memenuhi rana tonjong
View ini dapat kamu saksikan pada bulan Juli. Datanglah pas liburan sekolah, kamu akan menemukan view ini di Raja Tonjong, Danau Lotus nomor 2 dunia



Oh ya, ada yang ketinggalan …. Bunga Lotus juga disebut sebagai bunga kelahiran bulan Juli! Jadi beruntung banget deh yang lahir di bulan Juli. Jadi bagi mereka yang lahir di bulan Juli, datanglah, rayakan lebih dulu pada bulan Juni di Rana Tonjong, ketika bunga lotus ini sedang memancarkan pesonanya.


Akses Menuju Rana Tonjong Danau Lotus

Datanglah ke Rana Tonjong danau lotus ini pada bulan Juli, bertepatan dengan  liburan sekolah. Kamu akan menemukan view yang sangat indah  di Rana Tonjong, Danau Lotus Besar di Flores Barat, Manggarai Timur utara.


Danau Rana Tonjong dapat ditempuh dari Ruteng melalui Reo lalu ke arah timur menyusuri jalan sepanjang pantai utara menuju ke Pota, ibu kota kecamatan Sambi Rampas. 

Selanjutnya, dari Pota Anda bisa mengunjungi Rana Tonjong yang berjarak2.5 km dan dapat dicapai dalam waktu 10 menit dengan menggunakan kendaraan.

Apabila anda merencanakan perjalanan dari Borong, maka Anda bisa menempuh jalur tengah yaitu melalui Bealaing, Watunggong, Lengko Ajang, selanjutnya langsung menuju Rana Tonjong danau lotus ini. 

Melalui jalur ini anda bisa menempuh perjalanan sekitar 130 km dengan waktu tempuh sekitar 5-6 jam. Kondisi jalan menuju ke Pota atau Rana Tonjong danau lotus ini tidak terlalu bagus, lebih tepat disebut sebagai medan offroad dan sangat menantang, sehingga waktu tempuh bisa menjadi lebih lama dari perkiraan. 

Untuk itu kami menyarankan agar sebaiknya anda menggunakan kendaraan berderek sehingga membantu kelancaran perjalanan.


Sumber

https//anislotus.wordpress.com
http//travel.kompas.com/read/2015
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url