12 Pantai Flores Paling Indah

Bahkan orang Flores sendiri mengatakan bahwa tanah mereka miskin. Namun, sesungguhnya, ada banyak potensi yang belum tergarap secara maksimal, mulai dari hasil bumi, budaya hingga potensi pariwisatanya. Ya, alam Flores sangat indah. Pada kesempatan ini, AquGuru akan mempresentasikan 12 Pantai Flores paling indah.



Tipologi pantai-pantai Flores: kombinasi unik antara laut - pasir/batu warna/i dan bukit, sesuatu yang menimbukan kenangan tak terlupakan

Bahkan orang Flores sendiri mengatakan bahwa tanah mereka miskin. Namun, sesungguhnya, Flores benar-benar sebuah tanah yang berlimpahkan susu dan madu. Ada banyak potensi yang belum tergarap secara maksimal, mulai dari hasil bumi, budaya hingga potensi pariwisatanya. Ya, alam Flores sangat indah. Pada kesempatan ini, AquGuru akan mempresentasikan pantai-pantai Flores yang indah.

10 Pantai Flores Paling Indah 

Apakah ada yang tidak percaya bahwa Flores itu indah? Jangan dengarkan saya, seorang Flores yang mungkin saja tidak objektif.

Tapi dengarkan orang luar Flores yang pernah melancong di pulau ini. Ini salah satunya:
“Berbicara tentang Flores bagi saya yang bukan orang Flores adalah sebuah penggambaran sebuah pulau dengan entitas budaya yang unik yang memadukan antara budaya tradisional dengan kultur Katholiknya juga tentang alamnya yang sungguh eksotis yang memadukan antara suasana pegunungan dan pantai yang saling berdekatan yang didalamnya terkandung kekayaan alam yang luar biasa....”

 (Yuli, a traveller journey....)

Apa yang dikatakan Yuli di atas adalah sebuah pengakuan, testimoni tentang keindahan Flores. Sesungguhnya pariwisata Flores sangat lengkap.

Mau wisata pantai dan laut, di Flores ada banyak. Mau wisata danau, air panas alam dan air terjun juga ada. Pemandangan alam pun membentang dari barat hingga timur Flores. Pulau ini juga merupakan "rumah" bagi komodo dragon yang dikategorikan sebagai the seven wonder of nature. Kalau mau melihat kampung tradisional yang dibangun sejak zaman megalitikum, datanglah ke Flores. Selain itu, Flores juga memiliki objek ziarah Katolik dalam bentuk gua Maria serta Prosesi Jumat Agung Semana Santa di Larantuka, Flores Timur.

Kami mulai dengan Pantai. Siapapun pasti berkata bahwa wisata pantai dan laut terindah di negeri ini ada di Bali, Lombok dan Manado. Itu memang benar. Tetapi keindahan itu ada juga di tempat lain, hanya belum diekspose secara intensif.

Pada postingan kali ini kami akan menampilkan kehidupan bawah laut dan pantai Flores yang indah yang membentang dari Komodo hingga Lembata.Tidak ada salahnya Anda baca dan mungkin akan tergerak untuk menikmati keindahan-keindahan itu.

Pantai Flores Palinga Indah di Flores Barat


1. Pink Beach - Komodo, Manggarai Barat

Pulau Komodo memang identik dengan kadal raksasa purba yang langka. Namun pulau ini juga mempunya pantai yang tak kalah mempesona. Belum tentu setelah melihat Komodo, Anda akan diantar ke pantai ini. Karena itu, bila ke Komodo, jangan lupa wisatalah ke pantai ini. Rasanya kurang lengkap, bila ke Komodo, Anda tidak mengunjungi pantai ini. Karena itu mintalah petugas atau tour guide yang membawa Anda untuk mampir di pantai ini.

Namanya adalah Pink Beach atau Pantai Pink. Dinamakan demikian karena memang pasir pantai ini berwarna pink. Pantai unik ini sudah berhasil memikat banyak wisatawan dan semakin dikenal dunia.



Bentangan alam hasil perpaduan antara pasir merah - laut bening - tanjung - perbukitan kecil dan sebaran awan tipis di langit cerah menawarkam pemandangan yang langka di tempat lain tetapi bukan di Flores

Dari jauh, pasir pantai ini memang tidak terlihat pink melainkan hanya putih biasa. Namun, datanglah ke tepiannya dan tunggulah sampai ombak menjilat tepian pasir. Warna pink akan terlihat lebih pekat dibanding pasir yang masih kering.

Warna merah mudah pasir ini terbentuk karena pasir ini berasal dari komposisi koral, pecahan kerang dan kalsium karbonat dari berbagai binatang laut. Memang bukan satu-satunya di dunia, tetapi pantai ini menawarkan keunikan lain selain Komodo Dragon tentunya yang adalah maskot wisata di Manggarai Barat.

Karena proses alamiah, kerang yang mati ini akan berubah menjadi partikel-partikel sehingga
menghasilkan pasir yang berwarna merah.

Cobalah berenang dan nikmati segarnya air nan biru itu. Jika takut tenggelam, Anda bisa menggunakan pelampung dan jangan lupa menggunakan perlengkapan snorkeling agar bisa menikmati pemandangan di bawah lautnya.

Karena keindahannya, Komodo dijuluki Paradise Underwater oleh para diver yang pernah diving di sana. Di pantai ini terdapat pelagis yang melimpah, terumbu karang yang berwarna-warni serta keanekaragaman hewan laut yang luar biasa banyaknya.

Jika beruntung, Anda bahkan bisa bertemu ikan pari yang sedang asyik bermain pasir di dasar yang tidak terlalu dalam. Tepian Pantai Pink adalah surga bawah laut yang membuat siapapun berdecak kagum. Tak perlu menyelam terlalu jauh karena pemandangan cantik ini bisa dinikmati hanya dalam kedalaman tak sampai 1 meter. Tak diragukan kekayaan laut Flores dengan keragaman hayatinya menjadi konservasi dunia. Laut ini mengkoleksi jenis ikan pari dan lumba-lumba terbanyak di dunia serta jenis ikan hias yang sangat populer gara-gara film Finding Nemo yakni si ikan Dori yang ternyata habitat aslinya ada di laut Flores dan dapat ditemukan di sepanjang pantai di labuan Bajo hingga Larantuka...hebat bukan.


2. Taman Laut 17 Pulau Riung - Ngada

Sebagian gugusan pulau tak berpenghuni yang membentuk Taman Laut 17 Pulau

Taman Laut 17 Pulau Riung merupakan kumpulan pulau-pulau kecil yang indah dan terdiri dari 20 pulau lebih. Nama "tujuh belas" dipakai untuk menyebut objek wisata ini karena dua alasan; pertama angka 17 lebih mudah diingat terkait dengan bedirinya negara Republik Indonesia, 17 Agustus 1945, dan kedua, angka itu digunakan untuk mengabadikan eksistensi negara Republik Indonesia.

Koral-koral berwarna-warni yang dapat Anda lihat di Riung

Taman Laut 17 Pulau Riung ini memiliki keindahan yang luar biasa. Di taman laut ini Anda dapat melihat kehidupan bawah laut yang beranekaragam dan indah, hamparan pasir putih yang sangat terjaga kebersihannya serta beberapa jenis binatang yang hidup di kawasan kepulauan tersebut.

Di objek wisata taman laut 17 pulau Riung ini wisatawan dapat melakukan berbagai macam aktifitas diantaranya berenang, berjemur, mengelilingi pulau, snorkeling dan diving juga dapat di lakukan di taman laut ini.

Pada sore hari wisatawan dapat beranjak menuju pulau kelelawar di sekitaran taman laut ini, di pulau kelelawar tersebut wisatawan dapat melihat puluhan ribu kelelawar berterbangan untuk keluar dari sarang. selain itu bagi wisatawan yang malas berpergian dapat menikmati sunset yang indah di taman laut

Kawasan darat wilayah ini merupakan hutan kering dimana hampir seluruh pesisir pantainya ditumbuhi pohon bakau. Ada beragam hewan khas yaitu sejenis kadal dengan ukuran lebih kecil dari komodo, biawak timor, ayam hutan, musang, kera, landak, rusa timor, kuskus, buaya, elang, bluwok, bangau putih, burung nuri, tekukur, burung wontong atau burung gosong, dan kelelawar bangau hitam, dan burung perkici dada kuning.

"Mawar laut" kumpulan telur kelinci laut yang membentuk rumbaian berwarna merah dan terlihat seperti bunga mawar. 
Sumber foto: potret123.com

Walaupun dianugerahi keindahan alam yang laur biasa ini, pemda Kabupaten Ngada belum berbuat banyak. Akses menuju objek wisata ini masih harus diperbaiki sehingga waktu tempuh dari Bajawa ke tempat ini dapat dipersingkat.

Namun demikian, jangan tunggu pemda dulu. Keindahan yang berbalut kesederhanaan khas Flores dapat Anda temukan di sini.

Walaupun badan penat karena jalanan yang bopeng-bopeng, pengalaman keindahan yang Anda dapatkan akan jauh bernilai. Dijamin Anda tidak akan kecewa.

Pantai Flores Palinga Indah di Flores Tengah

Ende bukan hanya Kelimutu, danau dengan 3 warna. Di sini ada banyak pantai yang indah. Salah satunya adalah pantai Penggajawa. Demikianpun Sikka. Kabupaten penghasil kopra paling terkemuka di Flores ini juga memiliki pantai-pantai yang indah. Semuanya dapat kamu lihat di bawah ini. 

3. Pantai Penggajawa - Ende

Penggajawa, pantai penuh bebatuan berwarna hijau mudah, selah satu pantai unik dan indah di Flores
Pantai Penggajawa memajang sepanjang jalur trans Flores lintas selatan. Penuh bebatuan kecil berwarna hijau toska yang indah dan unik

Pantai Penggajawa terletak di pantai selatan kabupaten Ende. Deburan ombak yang menghempasi bebatuan tiada henti merupakan mesin penghalus batu warna-warni dan akhirnya terdampar di bibir pantai memanjang dari timur hingga ke barat.  

Pantai ini sangat mudah diakses karena berada persis di pinggir jalan trans Flores bagian selatan. Bila dari arah barat, begitu Anda sampai di Nangapenda, orang Flores yang mungkin kelihatan bertampang seram akan dengan ramah menunjukkan objek tersebut kepada Anda, bila Anda menanyakan di manakah pantai Penggajawa ini.

bebatuan warna-warni dengan dominasi hijau toska memenuhi sepanjang pantai penggajawa
Sejauh mata memandang, pinggiran pantai Penggajawa dipenuhi bebatuan dengan dominasi warna hijau toska

Yang khas dari objek pantai Penggajawa ini adalah kombinasi pasir putih dengan batuan berwarna hijau. Ya, batuan hijau adalah salah satu di antara keindahan lainnya di pantai ini. Uniknya, batuan hijau ini berasal dari dasar laut Penggajawa. Dengan bantuan ombak, batuan tersebut terdampar di Pantai Penggajawa. Tidak ada yang tahu asal muasal asli bebatun tersebut, tapi warga sekitar percaya batuan itu berasal dari dasar laut yang terbawa ombak, hingga sampai ke pinggiran pantai. Batu-batu ini juga memiliki nilai ekonom yang tinggi. Oleh penduduk lokal batu-batu itu dikumpulkan dan dijual ke pengepul untuk dikirim ke Jawa ataupun diekspor ke luar negeri.

Terlepas dari batuan hijaunya, Penggajawa termasuk pantai yang sepi dikunjungi wisatawan. Salah satu spot terbaik untuk melihat panorama pantai adalah dari bukit yang berdiri tegak di kanan dan kiri pantai. Keluarkan kamera Anda dan tangkap semua keindahan milik Penggajawa. Perbukitan di pulau depan pantai, tampak sempurna ditutupi awan tipis.

Pengalaman keindahan Pantai Penggajawa akan semakin sempurna bila Anda menunggu sampai sun set. Turunnnya matahari secara perlahan-lahan ke peraduannya di kaki langit Laut Sawu akan menambah perbendaharaan pengalaman keindahan alam Flores.

Tidak salah sagi, Flores adalah si cantik jelita yang siap bangkit dan negeri yang berlimpahkan susu dan madu.

4. Pantai Koka - Sikka

pantai koka merupakan salah satu pantai yang indah dan terletak di kabupaten sikka, Flores bagian timur. Kombinasi antara laut, bukit dan pasir putih dengan laut yang berombak  membuat pantai ini harus kamu kunjungi
Pantai Koka terletak di Laut Sawu - Selatan Kabupaten Sikka, 48 km dari Kota Maumere

Kawasan ini merupakan salah satu objek wisata yang terletak di desa Wolowiro kecamatan Paga. Panorama yang indah serta pasir pantainya yang putih membuat kawasan ini dipadati pengunjung setiap akhir pekan.

pantai koka salah satu pantai indah di kabupaten sikka
Kombinasi pantai dan perbukitan, menawarkan view yang unik dan eksotis

Berada di selatan Flores, di bibir laut Sawu, objek wisata ini berada di tepi jalan trans Flores sehingga relatif bisa diakses dari arah Kelimutu – Ende ataupun dari Maumere. Jalan menuju area ini memang tidak mudah, karena jalan masuknya kurang terlihat dan papan penunjuk arahnya pun tidak terlalu jelas. Namun untuk ke sana, Anda bisa meminta bantuan penduduk setempat.

Bila dari Maumere, Anda harus menyusuri jalan yang berkelok-kelok menuju arah Ende. Perjalanan biasanya memakan waktu selama satu jam hingga akhirnya tiba di Kecamatan Paga, yang merupakan lokasi pantai ini.

Sebelum memasuki Kecamatan Paga, Anda bisa menikmati ikan asap yang dijual di sepanjang jalannya. Untuk tiga ekor ikan asap berukuran besar, Anda cukup mengeluarkan dana sebesar Rp 20.000 saja.

Setelah memasuki Kecamatan Paga, dengan mengikuti penunjuk jalan, Anda bisa sampai ke pantai ini dalam beberapa menit dan melihat pemandangan yang sangat indah dan menawan. Dari jalan utama, Anda harus menelusuri jalan kecil selama lebih kurang 15 menit. Karena jalan yang cukup kecil dan kondisinya kurang bagus, sebaiknya Anda berjalan kaki atau naik sepeda motor untuk sampai ke sana.Bila dari Kelimutu – Ende, Anda pun harus menyusuri jalan yang berkelok-kelok ke arah Maumere. Saat mencari lokasi pantai, Anda harus memperhatikan penunjuk jalan dengan seksama. Karena ukurannya sangat kecil dan tertutup semak-semak.

pantai koka merupakan salah satu pantai yang indah dan terletak di kabupaten sikka, Flores bagian timur. Kombinasi antara laut, bukit dan pasir putih dengan laut yang berombak  membuat pantai ini harus kamu kunjungi
Salah satu sudut Pantai Koka yang menawarkan view bukit - pasir putih dan laut

Namun usaha Anda menyusuri jalan kecil dan berkelok-kelok akan terbayar dengan pemandangan hamparan pasir pantai putih bersih dan birunya laut yang menyejukkan. Daya tarik dari pantai ini adalah airnya yang berwarna biru jernih karena tidak terjamah tangan-tangan jahil serta sikap masyarakat setempat yang sangat menghargai alam mereka.

Satu lagi yang menjadi ciri khas pantai ini adalah ombaknya yang besar. Terpaan ombak sangat kuat, dan tinggi ombak terkadang bisa mencapai 1,5 meter. Bagi Anda yang hobi surfing, sepertinya bisa menjadi lokasi yang tepat. Namun patut diwaspadai kekuatan ombaknya, karena deburannya bisa cukup keras.

Menikmati keindahan alam Pantai Koka seperti tiada habisnya, sayangnya potensi wisata yang satu ini belum dimanfaatkan secara optimal serta belum dikenal luas oleh orang-orang Indonesia. Padahal pantai ini merupakan salah satu pantai indah di Flores yang dapat memanjakan mata dan pikiran para pengunjungnya. Ironisnya pantai ini justru sudah dikenal oleh turis dari Eropa. Seorang berkebangsaan Belanda dulu pernah singgah ke pantai ini dan membawa kabar keindahan pantai ini ke Belandan

Kurangnya promosi wisata dan fasilitas mungkin menjadi salah satu penyebabnya. Padahal, jika diolah lebih baik lagi, Pantai Koka bisa menjadi destinasi wisata yang tak kalah menarik dari lokasi wisata yang sudah dikenal lebih dulu.


5. Pantai Waiara - Sikka
pantai waiara di kabupaten sikka pesisir utara, pantai indah di Flores yang menghadap laut flores di utara
Biasa disebut juga Pantai Sa'O oleh penduduk setempat merupakan salah satu tujuan wisata favorit yang berada di Maumere. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke obyek wisata pantai yang satu ini.

Pantai ini dikelola dengan baik sehingga meningkatkan pariwisata di Kota Maumere. Dan untuk masuk ke pantai ini pun tidak dipungut biaya. Terletak sekitar 10 km dari Kota Maumere.

Walau berpasir hitam, Pantai Waiara mempunyai daya tarik tersendiri. Banyak wisatawan yang bersnorkeling atau diving di pantai ini untuk menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai macam biota laut yang berada di bawahnya.

Beberapa tempat yang menyediakan fasilitas seperti alat diving dan snorkelingmisalnya Sea World Club dan Sao Wisata Hotel. Di Sea World Club and Diving, biayanya sekitar Rp 200 ribu untuk snorkeling. Untuk diving, biayanya sekitar Rp 700 ribu.

pemandangan spektakuler di pantai waiara menyambut terbitnya sang surya di pagi hari
Pemandangan spektakuler sunset di salah satu sudut Pantai Waiara

Anda juga bisa menikmati panorama matahari tenggelam (sunset) di tepi Pantai Waiara. Pengalaman sun set. Turunnnya matahari secara perlahan-lahan ke peraduannya di kaki langit Laut Flores akan menambah perbendaharaan pengalaman keindahan alam Flores.


6. Pantai Kajuwulu - Sikka Utara

pantai kajuwulu, 10 pantai terbaik di flores bagian timur
Pantai Kajuwulu, salah satu pantai paling indah yang masih asri dan belum banyak diketahui orang 



Pemandangan dengan bukit tandus dilatarbelakangi bentangan laut dan deretan perbukitan nun jaut. Inilah tipologi daratan Flores bagian timur di musim kemarau

Menyusuri pantai Laut Flores ke arah barat Maumere, Anda akan menemukan pantai ini. Lokasinya berjarak 24 km dari kota Maumere.

Kajuwulu adalah pantai yang dikelilingi bukit-bukit tandus. Di salah satu bukitnya berdiri sebuah salib besar. Untuk sampai pada salib itu Pemda setempat membuat tangga. Untuk menyehatkan jantung, tidak ada salahnya Anda manapaki tangga-tangga itu.

Namun pengorbanan Anda akan terbayar lunas begitu ada di puncak bukit bersalib itu. Dari atas bukit, Anda dapat menyaksikan keindahan pantai Kajuwulu yang masih asli, belum disentuh tangan manusia. Dengan hamparan pasir putih serta airnya yang jernih, Kajuwulu sangat memanjakan pelancong yang datang.

pantai kajuwulu, pantai terbaik flores dengan salib di atas bukit
Kabupaten Sikka, selain penuh dengan objek wisata pantai tapi tidak sedikit pula objek ziarah Katolik di sini. Salib di atas bukit Pantai Kajuwulu menambah keindahan Pantai Kajuwulu. 

Sayang, jauh-jauh Anda datang tetapi tidak melakukan aktivitas yang maksimal. Begitu turun dari bukit, siapkan diri Anda. Anda bisa berenang dan snorkeling sepuasnya.

Pantai Flores Palinga Indah di Flores Timur

Flores Timur dari dulu sudah dikenal sebagai destinasi wisata rohani Semana Santa ( perayaan Pekan Suci ) di Larantuka dan Penangkapan Ikan Paus oleh nelayan Lamalera yang dilakukan sebagai tradisi turun temurun.

Bila Anda ke Flores Timur, jangan lupa kunjungi wisata pantai seperti yang akan kamu bawa infrmasinya di bawah ini: 

7. Pantai Oa dan Pantai Rako - Flores Timur

pantai oa, salah satu pantai terindah dan terbaik di flores
Pantai Oa, surga tersembunyi di selatan Flores Timur. Jangan lupa mampir di sini. Pantainya indah, bersih dan Anda bisa berenang bersama anggota keluarga

Kedua pantai ini berada di pantai selatan Flores Timur, tepatnya di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur. Pantai ini bisa diakses dari Maumere ataupun dari Larantuka. Setelah melewati jalan trans Flores, Anda akan tiba di Boru, ibukota Kecamatan Wulanggitang.

pantai rako, pantai terbaik di flores
Pantai Rako di kala pasang surut. Pantainya masih alami, airnya jernih dan berombak kecil sehingga cocok sebagai objek wisata keluarga

Pantai Oa yang berpasir halus dan berombak tenang ini bersebelahan dengan Pantai Rako yang mempunyai karakter yang sama. Belum banyak dijamah membuat kedua pantai ini begitu privat dan sangat bersih dari sampah-sampah plastik. Hal ini ditunjang pula oleh sikap masyarakatnya yang sangat ramah dan terbuka saat dikunjungi.

Kedua pantai ini mungkin masih asing bagi para pecinta traveling Indonesia ataupun orang Flores sekalipun. Namun kedua pantai ini sudah banyak dikenal oleh orang-orang luar sehingga selalu saja ada mengunjunginya.

Memang masih banyak kendala untuk memperkenalkan kedua pantai ini. Salah satu kendala menuju ke sana adalah transportasi. Kondisi jalan yang belum diaspal menjadi penghalang utama.

8. Pulau Meko, Watotena, Ina Burak dan Lagaloe:

Adonara memiliki 4 objek wisata yang sayang kalau dilewatkan. Anda harus menyempatkan diri untuk mengunjungi ketiganya. Paling kurang salah satunya harus Anda kunjungi, karena ketiga objek wisata pantai ini memiliki keunikan tersendiri. 
pulau pasir meko di adonara flores timur, pulau pasir di tengah laut yang timbul saat pasang surut
Pulau pasir Meko, salah satu pulau pasir di gugusan pulau-pulau kecil di sebelah timur Adonara. 

Pulau Pasir Meko. Tempat yang satu ini merupakan sebuah pulau pasir yang berada di tengah laut. Keberadaannya akan muncul ketika pasang surut tiba. Berpasir putih bersih di tengah laut yang jernih membuat tempat ini sangat indah. 

Dinamakan Meko, karena pulau pasir ini berada tidak jauh dari dusun Meko, sebuah perkampungan nelayan yang dihuni oleh pelaut handal Indonedia, orang-orang Bajo. 

Bila ke tempat ini, Anda bukan saja mengunjungi Meko tetapi juga dapat menyaksikan gugusan pulau kecil tak berpenghuni yang sangat indah. Di antaranya adalah Pulau Watan Peni rumah bagi ribuah kelelawar dan tempat singgah burung camar serta burung migran yang bermigrasi secara musiman dari utara ke selatan dan sebaliknya. 


Pantai Watotena, Ina Burak dan Lagaloe berada di Pulau Adonara. Oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Flores Timur, ketiga pantai ini ditetapkan sebagai objek wisata pantai Flores Timur. Ketiga pantai ini memang punya karakteristik masing-masing dan memiliki keindahan untuk dijadikan objek wisata.
pantai watotena salah satu pantai indah di flores timur
Pasir putih, batu hitam dari magma dan air laut yang jernih. Unik dan eksotis dari Adonara, Flores Timur. 

Pantai Watotena dapat diakses dengan perahu motor selama 3 jam dari Larantuka, ibukota Flores Timur. Pantai ini merupakan hasil kombinasi unik antara batu magma yang hitam pekat dengan pasir putih yang bersih. Kombinasi ini menghasilkan sebuah objek wisata pantai yang indah dan cantik yang berbeda dengan pantai-pantai cantik lainnya di pinggiran pantai Flores.

Keberadaan Pantai Watotena dengan lautnya yang jernih dan bening, berpasir putih mengkilap dan dihiasi oleh batu bermagma yang mengapiti bibir pantai ini tentu akan sangat tepat bila dijadikan tujuan wisata Anda.

Namun, sama seperti untuk mencapai tempat-tempat menarik lainnya di Flores yang sebetulnya sangat layak untuk dijadikan objek wisata, Watotena masih harus bersabar. Perlu pembenahan berbagai sarana infrasruktur terutama transportasi.

Watotena bisa dicapai dengan menggunakan perahu motor dari Larantuka dan berlabuh di dermaga Terong atau pelabuhan Waiwerang. Dari Waiwerang Anda masih menggunakan transportasi darat lagi berjarak 6 km untuk mencapai Watotena. Namun pengorbanan Anda akan terbayar lunas ketika Anda berada di pantai ini.

Selain itu, minimnya informasi mengenai pantai ini, termasuk penginapan dan sanitasi serta keberadaan batu magmanya juga menjadi kendala tersendiri bagi pengembangan objek pantai ini.

pantai ina burak, si nona putih salah satu pantai terindah di flores timur
Pantai Ina Burak - Nona Putih Adona, Flores Timur

Si Putih-Ina Burak. Ina Burak artinya nona putih. Pantai ini berada di Desa Lewokeleng, atau sekitar setengah jam dari Kota Waiwerang. Sesuai dengan namanya, pantai sangat cantik dan berpasir begitu putih. Begitu kontras dengan bebatuan karang berwarna hitam pekat. Sementara air lautnya, turut menambah pesona warna dengan gradasi hijau tosca, biru muda, hingga biru tua.

Pantai Ina Burak menampilkan dua wajah kontras. Sisi kiri adalah hamparan pasir putih sejauh kira-kira 300 meter yang dibatasi oleh tebing karang tinggi. Sisi kanan adalah hamparan batu karang dengan berbagai bentuk dan berwarna hitam pekat. Di antaranya sangat licin dan tajam sehingga harus hati-hati dalam melangkah. Ada sebuah karang agak ke tengah dan menyembul seperti kepala lumba-lumba yang sedang membuka mulutnya dengan sedikit sirip ekor di atas laut.

Ada beberapa gubugberatap jerami yang bisa digunakan secara bebas untuk berteduh. Tapi, di sini tidak ada satu pun warung atau pedagang yang terlihat berjualan. Oleh karena itu, ada baiknya mempersiapkan bekal dari rumah.

pantai laga loe, pantai berpasir hitam di selatan adonara, flore timur
Pantai Laga Loe, si Hitam Adonara. Dinamakan demikian karena pasirnya yang hitam, berbeda dengan pantai-pantai Flore yang umumnya berpasir putih

Si Hitam-Lagaloe. Pantai Lagaloe terletak di selatan Pulau Adonara. Mangacu pada Pantai Ina Burak, pantai ini sering juga disebut Si Hitam. Lagaloe adalah pantai berpasir hitam yang eksotis. Dari kejauhan pasir hitamnya tampak berkilau saat terkena sinar matahari. Air lautnya terlihat gelap namun sangat tenang. Pantai ini cukup ramai karena tepat berada di jalur pelayaran Pulau Lembata-Larantuka.

Di pantai ini kita bisa langsung melihat pemandangan Pulau Lembata serta “siluet” gunung batu yang timbul tenggelam karena riak-riak gelombang laut. Gunung Batutara, namanya. Gunung api tipe stratovolcanoini berada sekitar 500 meter dari daratan Lembata.

Maret 2007 lalu, aktivitas gunung ini sempat meningkat. Awan panas keluar hingga mencapai tinggi 1.500 – 2.000 ke atas langit. Selain itu, gempa vulkaniknya juga memicu gelombang besar di perairan Pulau Lembata naik hingga 1,5 meter. Tidak ada yang menyangka karena selama ini masyarakat menganggap Gunung Batutara sebagai “gunung mati”.


9. Lewolein & Bean: Keindahan Pantai Lembata


Pantai Lewolein memiliki beberapa keistimewaan. Di bagian timur pantai terdapat tanjung kecil yang ditumbuhi pohon bakau yang besar dan rindang dengan bebatuan yang berserakan. Di bagian barat terbentang pasir putih keabu-abuan dengan ombak yang tenang sangat cocok untuk mandi dan bermain-main.

Sementara itu di bagian tengah berbentuk teluk dengan pasir putih. Tempat ini sangat cocok untuk berenang dan bersantai. Terpaan angin pada dedaunan kelapa sepanjang pantai semakin menyempurnakan keberadaan teluk ini sebagai tempat rekreasi. Apalagi di sebelah pantai ini, terdapat Nuhanera dengan taman laut yang indah dan cocok untuk snorkling dan diving.

Bagi masyarakat setempat, Lewolein adalah Firdaus dalam arti sebenarnya. Pantai ini penuh ikan yang sering bermain hingga pinggir pantai. Menjelang senja muncul ikan-ikan besar dan memandu "adik-adiknya" kembali ke laut lepas. Namun ikan-ikan itu tidak boleh sembarangan diambil. Masyarakat sekitar Lewolein memiliki tradisi menangkap ikan laut seperti menangkap ikan di kolam. Ikan boleh ditangkap pada masa yang sudah disepakati dengan cara-cara tradisional. Biasanya ikan digiring dengan pukat berukuran kecil agar lebih muda dikumpulkan untuk dimasukkan dalam ember.

Ikan yang boleh diambil adalah ikan yang berukuran besar saja. Sedangkan ikan yang masih kecil tidak boleh diambil, tunggu hingga besar dan layak untuk dikonsumsi.

Pengalaman akan keindahan Pantai Lewolein akan semakin sempurna bila Anda menunggu sampai sun set. Turunnnya matahari secara perlahan-lahan ke peraduannya di bagian barat bersama pemandangan spektakuler Gunung Ile Ape akan semakin menambah perbendaharaan pengalaman keindahan alam Flores.



Memang belum ada penginapan yang memadai. Namun bila mau, Anda bisa menyewa rumah penduduk lokal sebagai home stay di sana. Dijamin aman dan Anda akan diperlakukan sebagai anggota keluarga sendiri.

Pantai Bean merupakan pantai berpasir putih yang unik. Butiran pasirnya berbentuk kristal halus yang membentang dari barat ke timur sejauh kurang 4 - 5 km dan berlebar kurang lebih 100 meter dengan ombak laut yang bergulung terus menerus dan pecah secara teratur.

Pantainya landai dan tidak berkarang sehingga cukup aman. Pantai ini juga sangat cocok untuk berselancar maupun surfing.

Disekitar pantai terdapat tebing yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan panjat tebing. Selain aktivitas pantai dan panjat tebing juga dapat disaksikan pertunjukkan budaya seperti parade kuda berhias pada bulan Juli – Agustus.

Penutup 12 Pantai Flores Paling Indah

Itulah pantai-pantai yang indah, masih alami dan eksotis dari Flores. Masih ada banyak pantai indah yang belom kami informasikan. 

Bila berlibur ke Flores, jangan lupa menyinggahi pantai-pantai yang kami rekomendasikan di atas. Anda pasti akan sangat menyukainya.

sebetulnya masih ada pantai-pantai indah yang belum kami promosikan. Bila ada kesempatan, kami akan menuliskannya untuk Anda.

Terima kasih,  


Daftar Pustaka: Dari berbagai sumber

Next Post Previous Post
9 Comments
  • Compang Technologi
    Compang Technologi December 15, 2013 at 8:37 PM

    Salam Kenal saudaraku, saya dukung blog anda, Flores memang sangat indah
    http://compangtech.blogspot.com

    • Felix Tena Longa
      Felix Tena Longa December 16, 2013 at 8:26 AM

      This comment has been removed by the author.

  • Anonymous
    Anonymous July 5, 2014 at 12:29 AM

    Satu kata buat Flores "Paradise ", pingin backpackeran lagi ke pulau2 di Flores, terutama Lembata. I left my heart there

  • Anonymous
    Anonymous May 6, 2015 at 1:48 PM

    cantiknya FLORES !!!

  • Anonymous
    Anonymous May 6, 2015 at 1:48 PM

    cantiknya FLORES!!!

  • Felix Tena Longa
    Felix Tena Longa June 30, 2015 at 8:10 AM

    Terima kasih. Sesuai dengan visi dan misinya, wisataflores.com sejauh ini fokus memperkenalkan potensi wisata Flores yang sebetulnya sangat komplit tetapi belum dikenal luas. Bila berkenan Anda juga boleh mengambil artikel dalam web ini dengan menuliskan sumbernya. Terima kasih.

  • Unknown
    Unknown July 16, 2015 at 5:08 PM

    FLORES beautiful island, welcome to my place ♡♥

  • Bimboch
    Bimboch January 28, 2016 at 8:38 AM

    trima kasih.Sangat menarik.cukup membantu buat pengenalan Pariwisata Flores.Good job.Keep the Flores Spirit.

  • Unknown
    Unknown October 4, 2016 at 4:18 AM

    Great to see that someone still understand how to create an awesome blog. The blog is genuinely impressive in all aspects.
    raja poker

Add Comment
comment url