Objek Wisata Labuan Bajo

Sayang sekali sudah datang jauh-jauh, Anda hanya melihat Komodo Dragon. Padahal ada beberapa objek wisata yang murah, mudah dijangkau dan tidak menyita serta unik di Labuan Bajo. Tak Hanya Komodo, inilah Objek Wisata Sekitar Labuan Bajo yang wajib Anda kunjungi.

objek wisata labuan bajo dan sekitarnya
View kota Labuan Bajo dari udara, dari arah timur. Udaranya bersih dan airnya jernih.
image: komodoshuttle.com


Batu Cermin

Batu Cermin adalah objek wisata berbentuk gua alam. Objek wisata Gua Batu Cermin ini terletak sekitar 9 kilometer dari pusat kota Labuan Bajo. Gua Batu Cermin ini terletak di sebuah bukit kecil dan dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 20 menit dari pusat kota.


Gua Batu Cermin merupakan objek wisata gua alami yang terdiri dari beberapa ruangan dan lorong-lorong sempit. Yang unik dari Gua Batu Cermin ini adalah keberadaan stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan. Di dalam gua, Anda akan melihat beberapa formasi batuan seperti kristal dan berbagai bebatuan, serta jalan setapak dan tangga yang mengarah ke kedalaman gua.


gua alam batu cermin, objek wisata di kota labuan bajo
Keindahan goa karena pantulan sinar matahari yang menyinari goa
gambar : ig @toarsonnymongi


Salah satu daya tarik utama Gua Batu Cermin adalah cermin alamnya yang menakjubkan. Retakan gua memungkinkan masuknya sinar matahari ke dalam gua sehingga dinding gua memantulkan sinar matahari ke sekitarnya sehingga menciptakan efek cahaya yang sangat menarik. Pantulan cahaya matahari itu membuat formasi batuan di dalam gua terlihat sangat indah dan menakjubkan.


Selain pendaran dan pantulan sinar matahari, gua ini juga memiliki beberapa koridor sempit di dalam gua yang membawa Anda ke ruangan yang lebih dalam.


Ketika menjelajahi kedalaman gua, Anda bisa melihat bebatuan berwarna keemas an. Juga terdapat beberapa jendela alami di bagian atas gua yang memungkinkan masuknya sinar matahari dan menciptakan efek pencahayaan yang menakjubkan.


Untuk masuk ke Gua Batu Cermin, Anda perlu membayar biaya masuk. Di dalam gua, ada beberapa pemandu wisata yang akan membantu Anda menjelajahi gua dan menjelaskan lebih detail tentang formasi bebatuan di dalam gua.


Secara keseluruhan Gua Batu Cermin merupakan tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, terutama bagi para pecinta alam dan fotografi.


Cara Menuju Gua Batu Cermin


Untuk menuju Gua Batu Cermin dari Labuan Bajo, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraanbermotor baik sepeda motor ataupun mobil.


Berikut panduan rute yang bisa Anda ikuti:

  1. Dari pusat kota Labuan Bajo, arahkan ke timur menuju Jalan Trans-Flores.
  2. Setelah melewati jembatan Labuan Bajo, lanjutkan perjalanan sekitar 2,5 kilometer hingga sampai di perempatan yang mengarah ke Gua Batu Cermin.
  3. Belok kiri di perempatan dan ikuti jalan menanjak hingga sampai di pintu masuk Gua Batu Cermin.
  4. Parkirkan kendaraan Anda di area parkir yang tersedia dan lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju pintu masuk goa.

Alternatif lain menuju Gua Batu Cermin adalah dengan menyewa paket tour atau travel yang biasanya sudah termasuk transportasi dari hotel atau penginapan Anda di Labuan Bajo menuju Gua Batu Cermin.


Perlu diketahui bahwa jalan menuju Gua Batu Cermin cukup terjal dan berkelok-kelok, sehingga anda harus berhati-hati saat berkendara atau berkendara kesana. Selain itu, pastikan untuk memperhatikan jam berkunjung goa karena jam operasionalnya terbatas dan tutup pada hari-hari tertentu.



Air Terjun Cunca Wulang



Aliran sungai Cunca Wulang di antara dinding batu
Cunca Wulang, perpaduan batu karang dan air pegunungan yang jernih
image: IG@captain_potter-min


Air Terjun Cunca Wulang merupakan objek wisata lain setelah Gua Batu Cermin. Air terjun Cunca Wulang terletak kurang lebih 30 kilometer di arah timur dari pusat Labuan Bajo. Cunca Wulang dapat dicapai dengan menggunakan mobil atau sepeda motor dan dilanjutkan dengan pendakian singkat.


Air terjun Cunca Wulang ini memiliki serangkaian air terjun dengan kolam-kolam yang berdinding batu kokoh. Airnya jernih, dingin dan menggoda pengunjung untuk terjun ke dalamnya.


Dikelilingi oleh hutan alami yang subur serta kicauan burung, hembusan angin yang menerpa dedaunan serta bunyi gemericik hujaman air ke kolam-kolamnya membuat para pengunjung benar-benar menyatu dengan makrokosmos sehingga suasananya benar-benar rileks.


Pengalaman Bersatu dengan alam sekitar bahkan sudah terasa sebelum pengunjung mencapai batang sungai dan air terjun Cunca Wulang. Karena aliran dari atas tebing ke dalam kolam di bawahnya sudah menciptakan suara yang konsisten yang diselingi oleh kicauan burung dan hembusan angin seolah-olah merupakan sambutan ekosistem Cunca Wulang kepada siapapun yang datang.



Cara Mencapai Air Terjun Cunca Wulang


Untuk mencapai air terjun Cunca Wulang, pertama-tama wisatawan harus melakukan perjalanan melalui jalur hutan yang indah yang dipenuhi dengan pohon-pohon tinggi, tanaman merambat, dan pakis.


Kolam alami di objek wisata air terjun cunca wulang
Salah satu keindahan yang ditawarkan Cunca Wulang
gambar: ist/tajukflores.com

Perjalanannya bisa sangat menantang, tetapi pemandangan alam yang menakjubkan dan udara segar membuatnya sepadan dengan pengorbanan yang dikeluarkan.


Begitu tiba di air terjun, Anda dapat menyegarkan diri dengan berenang di air yang sejuk dan menikmati keindahan alam sekitarnya.


Ada juga beberapa tempat para pengunjung dapat duduk dan menikmati pemandangan air terjun dan tebing-tebing batu di sekitarnya.


Air Terjun Cunca Wulang adalah tempat yang ideal bagi pecinta alam, petualang, dan fotografer yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk kota dan merasakan keindahan keajaiban alam Indonesia. Pengunjung harus mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman yang cocok untuk hiking dan berenang serta membawa banyak air dan makanan ringan untuk perjalanan.


Untuk mencapai objek wisata Air Terjun Cunca Wulang di arah timur Labuan Bajo, berikut ini rute perjalanan yang bisa Anda ikuti:

  1. Dari pusat kota Labuan Bajo, Anda menuju timur lewat jalan Trans-Flores. Berkendara menyusuri jalan Trans-Flores kurang lebih 20 km hingga sampai di perempatan Desa Roe.
  2. Belok kanan di perempatan tersebut, dan terus berkendara sejauh kurang lebih 6 km hingga sampai di area parkir Air Terjun Cunca Wulang.
  3. Dari tempat parkir, Anda perlu trekking sekitar 30-45 menit menyusuri jalan tanah dan menyeberangi sungai untuk mencapai air terjun.
  4. Alternatifnya, Anda juga bisa menyewa pemandu lokal untuk membawa Anda ke air terjun, karena jalurnya bisa sangat menantang bagi pengunjung yang baru pertama kali datang.

Disarankan memakai sepatu yang nyaman dan membawa air yang cukup untuk trekking ke Air Terjun Cunca Wulang.



Bukit Amelia di Kota Labuan Bajo

pemandangan bukit-bukit dengan latar belakang laut di labuan bajo
Pemandangan yang ditawarkan Bukit Amelia 
gambar: ig dewiputrihst


Labuan Bajo adalah sebuah kota yang cantik. Apakah Anda mau menikmati kecantikan Labuan Bajo yang lebih komplit? Bila ya, Anda bisa mendapatkannya dari tempat wisata bernama Bukit Amelia.


Bukit Amalia ini berada tidak jauh dari Bukit Cinta, namun jalur yang berkelok-kelok harus ditempuh terlebih dahulu sehingga membuat jarak tempuh bukit menjadi jauh.


Dinamakan Bukit Amelia karena titik objek wisata ini terletak berdekatan dengan Villa Amelia. Sebelum Labuan Bajo dibangun secara massif, objek wisata ini adalah milik pribadi. Namun sekarang tempat ini dialihfungsikan menjadi tempat wisata umum.
 

Harap diperhatikan! Lereng Bukit Amelia di Labuan Bajo cukup terjal, jadi berhati-hatilah saat mendakinya.


Meski butuh tenaga lebih saat mendaki, namun tenaga Anda akan terbayar dengan pemandangan eksotis yang bisa dinikmati dari atas bukit. Ukurannya lebih tinggi dari Bukit Cinta, sehingga Anda bisa melihat sisi timur hingga barat kawasan Labuan Bajo Utara. Posisinya yang berada di tengah menjadikannya lokasi yang strategis untuk menyaksikan sunset.


Bukit Cinta dan Pantai Waecicu juga bisa kamu kunjungi di hari yang sama karena dekat dengan Amelia. Dikenal dengan nama Amelia Sea View, keunggulan bukit ini adalah pemandangan laut eksotis yang ditawarkannya.
view laut di labuan bajo dari ketinggian bukit amalia, juga cocok untuk sun set
View Laut di sekitar Labuan Bajo diambil dari Bukit Amalia
image: indonesia-tourism.com


Anda akan dikenakan biaya 30.000 rupiah untuk memasuki kawasan Bulit Amalia. Jangan lupa siapkan perbekalan yang cukup untuk menuju puncak. Saat musim hujan hingga awal musim kemarau, kawasan perbukitan akan diselimuti rerumputan hijau segar. Sehingga akan memudahkan Anda beristirahat saat lelah mendaki.


Bukit Amelia memang terkenal sebagai tempat menikmati sunset karena puncaknya termasuk yang tertinggi diantara bukit-bukit lainnya, sehingga sangat wajar jika Amelia menjadi titik sunset terbaik. Lokasinya tidak jauh dari pusat Labuan Bajo, Anda tinggal mengikuti jalan menuju Pantai Waecicu ke arah Utara.


Biasanya dari bawah bukit sudah banyak orang yang ingin mendaki, jadi jangan sampai ketinggalan karena area puncak sekarang semakin sempit. Pemerintah daerah berencana akan meningkatkan fasilitas wisata tersebut agar wisatawan semakin nyaman dan menjadikan potensi wisata Indonesia semakin mendunia.


Nah untuk menikmati tempat wisata di Amelia Hill ini anda bisa menikmati beberapa kegiatan antara lain :


Trekking


Aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi Amelia Hill adalah trekking. Kegiatan ini penting karena hanya dari atas bukit pemandangan sekitar pulau akan terlihat. Selain pulau-pulau di sekitarnya, laut yang biru dan bersih, pantai sebening kristal, sabana kering, dan hutan yang menutupi pulau menjadi pemandangan yang menakjubkan.


Pesona Matahari Terbenam


Dari ketinggian, di lokasi wisata ini pengunjung juga bisa menghabiskan waktu sambil menunggu sunset. Dengan trekking di sore hari, setelah itu wisatawan cukup duduk dan menunggu sekitar jam 5 sore hingga sore hari.


Walaupun bukit ini sama sekali tidak berpenghuni, keadaannya gelap gulita karena tidak ada penerangan sama sekali, namun menjelang malam tempat ini ramai dikunjungi wisatawan. Romantisme akan terasa di tempat ini, apalagi melihat bintang-bintang di langit dari atas bukit. Pasalnya, tempat wisata ini tidak memiliki pohon yang tinggi, hanya rerumputan.


Menikmati pemandangan


Pengunjung bisa mencapai lokasi ini hanya dengan menempuh perjalanan ke bagian Utara, dari pusat Labuan Bajo. Tidak perlu menyeberangi lautan karena pengunjung hanya perlu menempuh perjalanan darat. Perjalanan darat hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Setelah sampai, pengunjung harus mendaki bukit yang memakan waktu sekitar 10 menit.


Sebelum mendaki bukit, jangan lupa membawa topi, kamera, snack, dan minuman. Karena perjalanan akan cukup melelahkan dan harus membawa kembali sampah yang dibawa ke atas bukit.


Disarankan untuk tidak mendaki bukit sendirian, sebaiknya menyewa pemandu untuk keselamatan. Apalagi jika Anda berencana untuk menuruni bukit setelah matahari terbenam, akan lebih sulit untuk menuruni bukit saat gelap. Tentu saja, biaya untuk membayar guide terpisah, sehingga Anda harus menyiapkan budget yang lebih besar.



Pantai Waecicu, Surga di Balik Labuan Bajo


kombinasi antara pasir, laut dan pulau kecil di tengah laut
View pasir, laut dan pulau, diambil dari salah satu titik di Pantai Waecicu
image: idntimes.com

Labuan Bajo memiliki beberapa pantai yang layak kamu kunjungi. Pantai Pede, sebetulnya cocok untuk bersantai. Pantai dengan pantai putih ini berada tidak jauh dari pusat keramaian Labuan Bajo. Sayangnya, pantai ini berada dalam kondisi semrawut dan tidak terurus semenjak konfrontasi antara Pemda NTT dengan tokoh masyarakat setempat.


Pemda NTT sebetulnya sudah melakukan MOU dengan pihak swasta yang akan membuka hotel dan akomodasi lainnya. Namun upaya itu ditentang tokoh masyarakat sehingga status pantai Pede hingga saat ini dibiarkan "menggantung" dan merugikan dunia pariwisata Labuan Bajo itu sendiri.


Objek pantai yang lain, adalah Pantai Waecicu. Objek wisata ini merupakan area pribadi, yang diperuntukan bagi para tamu Hotel Silvia.


Sudah ada rencana agar kawasan ini dijadikan area wisata publik yang bisa diakses oleh siapapun juga tanpa harus menginap di Hotel Silvia.


Waicicu memiliki pantai yang bersih dengan view yang menarik. Kombinasi antara pantai putih dengan deretan bukit kecil serta pulau-pulau tidak jauh dari bibir pantainya menciptakan pemandangan alam yang indah, hasil dari kombinasi kebaikan alam yang natural.


Pantai ini berjarak 10 Km dari Labuan Bajo ke arah barat laut. Satu-satunya cara menuju ke sana adalah dengan menggunakan perahu bermotor.



Keunggulan Waecicu


Memang butuh biaya untuk berwisata ke Waecicu. Namun value yang Anda dapatkan dari objek wisata ini seimbang dengan biaya yang dikeluarkan.


Ada beberapa keunggulan objek wisata Pantai Waecicu:

View Laut Yang Indah


Begitu menginjakkan kaki di Waicicu, Anda akan disuguhkan pemandangan laut dan pulau-pulau di lepas pantainya. Yang khas dari kawasan ini adalah laut yang jernih dan tenang sehingga Anda bisa menghabiskan waktu dengan berenang sambil snorkel.


Pasir Putih Sepanjang Garis Pantai


Salah satu daya tarik dari Waicicu adalah keberadaan pasir putih yang membentang sepanjang pantai. Kombinasi antara pasir putih dengan perairan yang landai serta ombak yang lembut membuat pantai ini sangat rekomended untuk dikunjungi.


Koral yang Indah Dengan Perairan Dangkal


Waicicu memiliki perairan yang dangkal. Perairan dengan gelombang yang tenang memungkinkan pengunjung bisa melakukan aktivitas snorkelling untuk mengamati keberadaan biota laut dan berenang tanpa takut ditarik atau dihempas gelombang.


Berperahu di Waecicu


Bagi yang mau menikmati kawasan Waicicu secara lebih komprehensif, Anda bersama teman-teman bisa menyewa perahu bermotor untuk mengitari kawasan itu sambil menikmati pemandangan gugusan pulau-pulau serta daratan Labuan Bajo bagian utara.







Hiking


Puas berenang dan bermain pasir, Anda bisa mendaki salah satu deretan bukit Waicicu sekadar melihat pemandangan laut dan pulau-pulau dari atas puncak bukit. Pemandangan dari atas akan lebih spektakuler lagi bila Anda melakukannya di saat matahari terbenam.





Akomodasi


Area Waecicu masih merupakan wilayah privat yang diperuntukan bagi para tamu yang menginap di hotel pengelola pantai ini.


Bila tertarik menikmati keindahan Waicicu, Anda bisa mereservasi penginapan atau hotel yang memiliki akses istimewa terhadap Pantai Waicicu ini.


Anda bisa mereservasi hotel:

1. Waecicu Eden Beach Hotel
2. Sylvia Resort Komodo

Kedua hotel ini menyediakan perahu dalam perjalanan dari kota Labuan Bajo menuju hotel.

Dengan menginap di Waecicu, Anda dapat menikmati semua keindahannya hingga sepuas-puasnya.










Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url